okky
Blog Universitas Komputer Indonesia

SEARCH ENGINE

SEARCH ENGINE
SEJARAH SEARCH ENGINE
 
Selama pengembangan awal dari web, ada daftar webservers diedit oleh Tim Berners-Lee dan host pada webserver CERN. Satu snapshot sejarah dari tahun 1992 tetap [1]. Sebagai webservers lebih pergi online daftar sentral tidak bisa mengikuti. Di situs NCSA server baru diumumkan dengan judul "Apa yang Baru!" [2]

Alat pertama yang digunakan untuk mencari di Internet adalah Archie. [3] Nama singkatan "arsip" tanpa "v". Ini diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, mahasiswa ilmu komputer di McGill University di Montreal. Program download daftar direktori dari semua file yang terletak di publik anonim (File Transfer Protocol) situs FTP, menciptakan database dicari nama file, namun tidak Archie indeks isi dari situs-situs tersebut karena jumlah data yang sangat terbatas itu bisa dengan mudah dicari secara manual.

Munculnya Gopher (diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark McCahill di University of Minnesota) menyebabkan dua program pencarian baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file dan judul buku yang tersimpan dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index Arsip Komputerisasi) menyediakan pencarian kata kunci dari judul yang paling Gopher menu pada daftar seluruh Gopher. Jughead (Universal Gopher Jonzy Hirarki Penggalian Dan Display) adalah alat untuk mendapatkan informasi menu dari server Gopher tertentu. Sedangkan nama mesin pencari "Archie" itu tidak merujuk ke seri buku komik Archie, "Veronica" dan "Jughead" adalah karakter dalam seri, sehingga referensi pendahulu mereka.

Pada musim panas tahun 1993, tidak ada mesin pencari ada namun untuk web, meskipun banyak katalog khusus yang dikelola oleh tangan. Oscar Nierstrasz di Universitas Jenewa menulis serangkaian script Perl yang secara berkala akan cermin halaman ini dan menulis ulang ke dalam format standar yang membentuk dasar untuk W3Catalog, mesin pencari pertama primitif Web, dirilis pada tanggal 2 September 1993. [4]

Pada bulan Juni 1993, Matthew Gray, kemudian di MIT, menghasilkan apa mungkin robot web pertama, Perl berbasis Dunia Wide Web Wanderer, dan menggunakannya untuk menghasilkan indeks yang disebut 'Wandex'. Tujuan dari Wanderer adalah untuk mengukur ukuran World Wide Web, yang hal itu sampai akhir 1995. Kedua pencarian Web mesin Aliweb muncul pada bulan November 1993. Aliweb tidak menggunakan robot web, tetapi tergantung pada diberitahu oleh administrator situs keberadaan di setiap lokasi dari file indeks dalam format tertentu.

JumpStation (dirilis pada bulan Desember 1993 [5]) menggunakan robot web untuk mencari halaman web dan untuk membangun indeks, dan menggunakan formulir web sebagai antarmuka untuk program query. Itu demikian WWW pertama sumber daya-penemuan alat untuk menggabungkan tiga fitur penting dari mesin pencari web (merangkak, pengindeksan, dan mencari) seperti yang dijelaskan di bawah ini. Karena sumber daya terbatas yang tersedia pada platform yang berlari, pengindeksan dan karenanya mencari yang terbatas pada judul dan judul ditemukan di halaman web crawler yang ditemui.

Salah satu yang pertama "semua teks" crawler-based search engine adalah WebCrawler, yang keluar pada tahun 1994. Tidak seperti pendahulunya, itu membiarkan pengguna mencari setiap kata dalam setiap halaman web, yang telah menjadi standar untuk semua mesin pencari utama sejak. Itu juga yang pertama yang dikenal secara luas oleh masyarakat. Juga pada tahun 1994, Lycos (yang dimulai di Carnegie Mellon University) diluncurkan, dan menjadi usaha komersial utama.

Segera setelah itu, banyak mesin pencari muncul dan bersaing memperebutkan popularitas. Ini termasuk Magellan, Excite, Infoseek, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Yahoo! adalah salah satu cara yang paling populer bagi orang untuk menemukan halaman web yang menarik, tetapi fungsi pencarian dioperasikan pada direktori web, daripada teks lengkap salinan halaman web. Pencari informasi juga bisa menelusuri direktori bukannya melakukan pencarian kata kunci berbasis.

Pada tahun 1996, Netscape sedang mencari untuk memberikan mesin pencari satu kesepakatan eksklusif untuk menjadi mesin pencari fitur pada browser web Netscape. Ada begitu banyak bunga bahwa alih-alih kesepakatan terkesan dengan Netscape oleh lima dari mesin pencari utama, di mana sebesar $ 5 juta per tahun setiap mesin pencari akan di rotasi pada halaman mesin pencari Netscape. Kelima mesin yang Yahoo!, Magellan, Lycos, Infoseek, dan Excite. [6] [7]

Mesin pencari juga dikenal sebagai beberapa bintang cemerlang dalam hiruk-pikuk Internet investasi yang terjadi pada akhir 1990-an [8] Beberapa perusahaan. Memasuki pasar spektakuler, menerima keuntungan rekor pada penawaran publik pertamanya. Beberapa telah dibawa turun mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi enterprise-satunya, seperti Northern Light. Perusahaan mesin pencari yang terperangkap dalam gelembung dot-com, spekulasi-driven pasar boom yang memuncak pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2001.

Sekitar tahun 2000, mesin pencari Google bangkit untuk menonjol. [Rujukan?] Perusahaan mencapai hasil yang lebih baik bagi banyak pencarian dengan inovasi bernama PageRank. Ini iteratif halaman web algoritma peringkat berdasarkan jumlah dan PageRank dari situs web lain dan halaman yang menghubungkan sana, pada premis bahwa halaman yang baik atau diinginkan terkait dengan lebih dari orang lain. Google juga mempertahankan antarmuka minimalis dengan mesin pencari. Sebaliknya, banyak pesaingnya tertanam mesin pencari di portal web.

Pada tahun 2000, Yahoo! telah menyediakan layanan pencarian berdasarkan mesin pencari Inktomi itu. Yahoo! mengakuisisi Inktomi pada tahun 2002, dan Overture (yang dimiliki dan AlltheWeb AltaVista) pada tahun 2003. Yahoo! beralih ke mesin pencari Google sampai tahun 2004, ketika meluncurkan pencarian sendiri mesin didasarkan pada teknologi gabungan dari akuisisi tersebut.

Microsoft pertama kali meluncurkan MSN Search pada musim gugur tahun 1998 menggunakan hasil pencarian dari Inktomi. Pada awal tahun 1999 situs mulai menampilkan daftar dari Looksmart dicampur dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk waktu yang singkat pada tahun 1999 ketika hasil dari AltaVista digunakan sebagai gantinya. Pada tahun 2004, Microsoft mulai transisi ke teknologi pencarian sendiri, didukung oleh web crawler sendiri (disebut msnbot).

Rebranded pencari Microsoft engine, Bing, diluncurkan pada tanggal 1 Juni 2009. Pada tanggal 29 Juli 2009, Yahoo! dan Microsoft menyelesaikan kesepakatan di mana Yahoo! Search akan didukung oleh teknologi Bing Microsoft.
 
MANFAAT SEARCH ENGINE
 
Search engineadalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas2 yang tersimpan dalam layanan www,ftp,publikasi milis ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer poladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen yang tersedia hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkatan akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti hal situs web gambar ataupun jenis-jenis berkas lainnya beberapa jenis mesin pencari diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun directory web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swsta yg menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup diantara yang paling populer adalah google (msn search dan yahoo) telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source) contohnya htdig, nutch, egothor, dan open fts.
Fungsi search engine dalam dunia public relations adalah memudahkan seorang public relations officer dalam mencari informasi yang dibutuhkan untuk kemudian dijadikan bahan pembuatan berita maupun press release. Ini tentu saja sangat berguna dalam hal perolehan informasi karena tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak untuk mendapatkan berbagai macam informasi dari seluruh dunia. Cukup dengan memasukan kata kunci pada mesin pencari kita sudah bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai macam sumber. Setelah itu kita bisa dengan mudah memilih informasi sesuai dengan yang kita butuhkan. Hanya dengan mengklik kita sudah mendapatkan informasi, ini merupakan cara yang paling efektif. Selain itu, untuk mengawasi dan menjalankan web perusahaan yang dikelola oleh public relations officer agar tetap dalam posisi teratas di search engine.
Perbandingan antara google dan yahoo sebagai search engine :
· Google lebih cepat dalam melakukan indeksing dibandingkan yahoo hanya itungan harian hal web sudah akan terindeks (harus memenuhi persyaratan google) sedangkan yahoo bisa mencapai 2-3 minggu.
· Google lebih sering melakukan refresh atau disebut sebagai “google dancing” maksudnya untuk mempertahankan posisi situs web diurutan atas anda harus banyak upaya u mempertahankannya
· Google lebih menggunakan algoritma word sensitif dibandingkan yahoo. Maksudnya jika kita memasukan kata kunci dengan ejaan yang kurang benar, maka secara otomatis google akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan yang dimaksud.
· Google peduli dengan popularity sedangkan yahoo tidak terlalu. Maksudnya google menyaring link-link berdasarkan popularitas suatu web yang menjadi hits.
· Google peduli dengan quality incoming link sedangkan yahoo tidak terlalu. Maksudnya google melakukan pemilihan link-link berkualitas di bagian atas pada halaman pertama yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.
Berdasarkan perbandingan google dan yahoo seperti yang disebutkan diatas. Menurut saya ternyata sebagai mesin pencari google lebih bagus dan dapat diandalkan dibandingkan dengan yahoo.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 30 Oktober 12 - 05:57 WIB
Dalam Kategori : SEARCH ENGINE
Dibaca sebanyak : 3265 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback